Kesan pertama sangatlah penting saat bertemu orang baru. Terutama sekali dalam dunia
sales,
sales yang baik adalah
sales yang mampu memanfaatkan semua peluang melalui kesan pertama. Di era industri 4.0 ini banyak interaksi yang dimulai secara
online, baik melalui telepon,
chatting whatsapp atau
email. Nah dalam kaitan tersebut tentunya hal ini tidak juga lepas dari aktifitas seorang Sales sehari-hari. Interaksi melalui device hanyalah merupakan salah satu sarana dalam memulai menciptakan “Enggagement” antara Anda sebagai salesman dengan c
ustomer Anda.
Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menghadapi
inquiry melalui telepon,
chatting whatsapp atau
email ini.
Check this out!
Responsif
Ketika kita sedang memerlukan bantuan orang lain, dan kemudian orang tersebut cuek / mengabaikan, kita pasti akan merasa kurang senang betul bukan? Hal yang sama juga dirasakan oleh calon
customer Anda. Segera angkat telepon atau balas pesan dari calon
customer Anda. Jangan ada alasan apapun, usahakan selalu nomer yang digunakan sebagai nomer kantor harus selalu aktif, berdering bahkan menggunakan nada dering khusus jika Anda menggunkan
handphone yang sama dengan
handphone pribadi. Jadi kita tahu dering mana yang harus direspons saat sedang bekerja.
Tanya Balik!
Jadilah orang yang komunikatif dengan menciptakan obrolan dua arah. Hal ini terutama sekali untuk komunikasi melalui
Platform Chat, baik WA, sms, dan juga email. Anda bisa menggali informasi mengenai calon
customer dengan memberikan umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan. Seperti menanyakan, nama, perusahaan, atau pertanyaan yang ada kaitannya dengan latar belakang si calon
customer. Latar belakang ini juga berupa informasi awal saat
customer memperkenalkan diri, baik melalui telepon atau pesan.
Baca juga:
Apakah Bisa Menjual Tanpa Bakat?
Bangun Rasa Penasaran
Hal ini bisa Anda lakukan saat Anda sudah mampu menciptakan komunikasi dua arah. Anda bisa memulai menceritakan tentang produk dengan menarik dan membangun rasa penasaran.
“Produk kami ini sudah banyak digunakan Perusahaan perusahaan besar Bu.., dan Alhamdulillah mereka sangat puas, malah ini kami sedang aka nada roject baru lagi dengan Perusahaan XXXX…..?”
Jika Anda melakukan komunikasi melalui telepon, Anda bisa menggunakan intonasi ajakan. Pertanyaan, ajakan dalam komunikasi harus menggunkan
positive questions. Apa itu
positive questions? Positive question adalah sebuah teknik pertanyaan tertuup yang menggiring seseorang unuk menjawab IYA.
Ajak Ketemu
No meeting, no selling. Sebaik-baiknya komunikasi melalui telepon atau pesan, komunikasi secara langsung dengan bertatap muka pastinya memiliki
power tersendiri. Jelas saja, saat bertatap muka, Anda bisa mempraktikan semua ilmu komunikasi yang sudah Anda pelajari. Melakukan presentasi penjualan lebih optimal, dan membangun hubungan dengan Pelanggan Anda lebih intens lagi, serta yang terpenting adalah tentunya terjadinya
Closing Penjualan. Nah, untuk bisa sampai di tahap pertemuan ini, Anda harus melakukan tips diatas! Dan jangan lupa
first impressions are always important! Jika hubungan melalui telepon/email & WA sudah terjalin secara baik, jangan sampai Anda menyia-nyiakannya ketika momen pertemuan itu tiba!
Selamat Berlatih!!