Apakah Bisa Menjual Tanpa Bakat Jualan?

 

“Saya gak bisa jualan.”

“Saya belum pernah jualan, gak bisa nawar-nawarin gitu.”

“Jualan? Duh, saya gak ada bakat!”

Respon yang paling sering didengar saat orang ditawarkan untuk menjual atau bekerja menjadi sales. Biasanya adalah sebuah pertanyaan apakah betul saya memiliki bakat menjual menjual sebuah produk? Atau sebenarnya menjual adalah ilmu yang dapat dipelajari.

Pengalaman kami di Sellingpro dan hasil beberapa pengamatan dan study yang kami lakukan, kami sangat meyakini bahwa walaupun bakat memiliki peranan namun tetap kami berpendapat bahwa Ilmu menjual adalah Ilmu yang bisa diplejari dan dikuasai. Ini terbukti dari beberapa sales asuransi yang kami temui yang sebelumnya selalu berpikir bahwa dia tidak memiliki bakat berjualan kemudian mampu menempati satu posisi yang baik di perusahaannya. Dari pembicaraan yang kami simpulkan beberapa tips berikut yang mungkin bisa Anda terapkan baik untuk Anda taupun Team Anda:

Ubah Mindset

“Anda Andalah apa yang anda pikirkan”, itu pasti sering Anda dengar, dan memang benar, bahwa jika Anda berfikir dan menilai diri Anda tidak bisa jualan, maka Anda benar-benar tidak akan bisa jualan.

Percayalah banyak sekali hal yang ternyata sulit, susah, tidak bisa, hanya karena kita berpikir seperti itu. Pikiran adalah kunci., untuk itu, latih lah untuk merubah mindset Anda, Katakan pada diri Anda sendiri “Saya pasti bisa jualan”. Atau “ Saya akan mampu menjual “ Buang semua pemikiran negatif yang akan mempengaruhi actions kamu saat bekerja. Hal ini sangatkah krusial, karna apa yang Ada pikirkan akan berpengaruh terhadap apa yang Anda rasakan dan tentunya akan berpengaruh terhadap apa yang Anda kerjakan.

Di SellingPro hal ini yang menjadi dasar dari setiap pelatihan-pelatihan tentang perubahan menjadi seorang Sales Champion.

Belajar

Setelah Anda berproses dalam mengubah mindset Anda dan Anda juga perlu menghidupi semangat belajar Anda. Menikmati semua proses saat melakukan penjualan sebagai bentuk pembelajaran. Banyak sekali sales yang berpindah-pindah pekerjaan karena tidak mau melalui proses belajar, padahal pekerjaan apapun memiliki proses belajarnya masing-masing. Untuk itu pastikan Anda berfokus untuk terus belajar.

Untuk memaksimalkan Proses Belajar Anda, ingatlah selalu bahwa Anda pasti akan membutuhkan Mediasi belajar, hal tersebut bisa dalam bentuk mengikuti Pelatihan-pelatihan, membaca Buku, sering berdiskusi dengan atasan atau para Sales Senior dan sebagainya.

Buka Pikiran

Jangan lupa pula untuk selalu membuka Pikiran Anda. Apa maksudnya? Maksudnya adalah bukalah wawasan Anda secara luas, selalu berfikir untuk meningkatkan kemampuan Anda, dan jangan mudah puas atas pencapaian yang didapat maupun jangan mudah berputus asa atau demotivasi ketika menerima kegagalan atau kritik dari manapun.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Produktifitas Team Sales Anda Secara Tepat?

Set Your Goals

Ini juga penting, set selalu Goal Anda. Mulai lah dari yang kecil-kecil, ingat bahwa sukses yang besar selalu berangkat dari sukses yang kecil-kecil. Beranikan diri Anda untuk menantang diri sendiri untuk mencapai satu ttitik tertentu, mulai bakar ambisi Anda, ingat bahwa ambisi merupakan bahan bakar motivasi, dimana hal ini akan sangat berguna untuk Anda tetap berenergi menghadapi hari- hari Anda sebagai seorang Sales.

Tips-tips tadi adalah sebuah tips yang sangat ampuh buat Anda yang saat ini berprofesi sebagai penjual atau baru merintis pekerjaan sebagai seorang penjual. So… Jangan pernah merasa tidak berbakat menjual, karena sering kali bakat menjual bukanlah penentu bagaimana menjadi seorang Sales yang sukses.

Selamat menikmati perjalanan Anda sebagai seorang Sales!

Comments (1)

[…] Baca juga: Apakah Bisa Menjual Tanpa Bakat? […]

Leave a comment