Pentingnya Sales Dashboard Bagi Team Penjualan Anda

“Business is Always about Number”, ini adalah filosofi dasar dari bagaimana sebuah Bisnis dijalankan, suka atau tidak, indikator hasil akhir dari sebuah bisnis tentunya dilihat dari Angka Penjualan yang tumbuh atau ingin dicapainya. Untuk bisa sampai kearah sana, tentunya untuk bisa mengukur, dan menetapkan sebuah strategi menjadi sangatlah penting untuk kita memahami dan bisa membaca indikator-indikator dalam bisnis dengan tepat.

Dalam konteks Sales, salah satu tools Indikator yang penting adalah sebuah Sales Dashboard. Menariknya dari banyak Project Consulting yang kami lakukan, dimana dalam tahapan Field Survey, bertemu dengan customer, team sales bahkan distributor, tidak sedikit menemui kenyataan bahwa sebuah Perusahaan Distributor atau Perusahaan Sales masih banyak yang belum memiliki Sales Dashboard. Padahal Sales Dashboard sangatlah penting untuk membantu Perusahaan Anda untuk bertumbuh.

Sales Dashboard adalah sebuah tools atau alat yang berbentuk papan atau digital. Sales Dashboard merupakan sebuah report yang terstandarisasi untuk memantau progress penjualan di Perusahaan Anda.

Apakah Sales Dashboard itu harus ada di Perusahaan Anda? Memangnya apa sih manfaat dari Sales Dasboard? Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Getting The Sales Awareness

Anda, sebagai pemilik perusahaan atau sebagai Sales Leader, penting sekali untuk menerapkan pada Team Sales Anda untuk selalu tahu progress penjualan agar Team Sales Anda mendapatkan “Getting The Sales Awareness” yaitu kesadaran Team Sales terhadap progress penjualannya.

Sales Dashboard yang terstandarisasi dan selalu tampak secara Visual di ruangan Sales atau di setiap Media yang dibawa oleh salesman menjadi sangat penting untuk diadakan. Dengan tujuan setiap individu sales get the awareness setiap progress penjualan mereka seiap saat.

Jika Anda sebagai pemilik perusahan memiliki banyak cabang, maka Sales Dashboard yang diterapkan harus sama. Hal ini agar memudahkan dalam menilai performance kerja team Anda secara terstandar.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Produktifitas Team Sales Anda Secara Tepat

Meningkatkan Kompetisi

Dengan Sales Dashboard yang tervisualisai di setiap aktivitas sales, akan membangun iklim kompetisi dari setiap sales. Dimana performa mereka akan sangat mudah terukur setiap harinya, maka para sales akan mengetahui kekurangannya dan juga terpacu untuk mencapai target penjualan dengan mengetahui hasil dari teman-teman sales lainnya.

Koreksi Perhitungan

Sales Dashboard dengan standarisasi akan membantu para sales Anda untuk mengetahui perhitungan penjualannya, berapa target yang harus dicapai perhari, lalu berapa kekurangannya dan bagaimana cara mengatasinya.

Itulah beberpa alasan pentingnya Sales Dashboard untuk dimiliki oleh Perusahaan Anda. Lalu, apa sih isi dari Sales Dashboard yang baik?

  1. Mampu mengcapture progress penjualan, Sales Dashboard akan berisi report mengenai progress penjualan perhari.
  2. Ada Target Penjualan, untuk mengimbangi dengan progress penjualan yang telah dilakukan oleh Team Sales Anda.
  3. Forecast Penjualan, setiap sales harus memforcestkan berapa penjualan yang ingin dicapai.
  4. Indikator-indikator lain yang bisa memunculkan penjualan lebih banyak. Selain berisi report, Sales Dasboard juga dilengkapi dengan sharing information seperti berapa banyak active outlet atau berapa jumlah client yang sedang diprospek untuk institutional selling.
  5. Pastikan Sales Dashboard Anda terstandarisasi. Hal ini sangat penting untuk Anda yang menggunkan Sales Dashboard dengan format yang sama di setiap tempat agar lebih gampang untuk menilai serta menganalisa
  6. Last Year History, sebagai acuan apakah bisnis yang dilakukan saat ini sudah berjalan dengan baik, sudah tumbuh dan menjadi acuan untuk mencapai terget-terget yang sudah ditetapkan.

Pastikan Anda sudah paham dengan pentingnya sebuah Sales Dashboard, segeralah miliki Sales Dashboard yang terstandarisai untuk Perusahaan Anda dan dapatkan manfaatnya

Selamat mencoba !!!

Comments (1)

[…] Baca juga: Pentingnya Sales Dashboard Bagi Team Penjualan Anda […]

Comments are closed.