Efektif Time Management

Tahukah Anda bahwa menurut penelitian, 65% kegagalan seorang sales dikarenakan Time management yang kurang baik. Apa sih time management itu? Time management adalah pengelolaan waktu, banyak sales yang tidak fokus karena tidak memiliki time management yang baik, kerjaan yang amburadul, waktu yang terbuang sia-sia dan tidak produktif, dsb. Seberapa pentingnya memiliki skills time management yang baik? Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Definisi Time Management

Time management adalah sebuah proses untuk mengelola penggunaan waktu, dari merencanakan, mengorganisir serta mengontrol penggunaan waktu secara tepat. Sedangkan Time Management Skill adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan serta mengontrol waktunya untuk digunakan secara efektif demi tercapainya sebuah tujuan.

Ingatlah, being busy isn’t the same as being productive!Tim Ferris.

Pentingnya Time Management Bagi Seorang Sales

Time management yang baik akan melatih Anda untuk bekerja cerdas, fokus dan mampu melihat hal-hal yang lebih objektif. Sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat dengan hasil yang lebih optimal. Saat Anda memiliki time management yang baik, Anda benar-benar tahu apa yang harus dilakukan, apa yang harus didahulukan, untuk membantu Anda mencapai target atau tujuan yang telah Anda sepakati dengan diri Anda.

Manfaat lain dari time management yang baik adalah tingkat stres berkurang, serta Anda akan lebih mampu untuk fokus ke kehidupan diluar pekerjaan.

Tiga Langkah Untuk Melatih Time Management untuk orang Sales

  1. Tulis Rencana Anda

Anda bisa membiasakan untuk memikirkan apa yang akan Anda lakukan besok, sebelum tidur. Mengatur waktu dari pagi hingga sore, apa saja yang akan Anda lakukan. Lalu tuliskan di sebuah catatan, atau Anda bisa melakukannya selama perjalanan menuju kantor dan menuliskannya sesaat sampai di kantor. Anda bisa juga menuliskannya di memo stick dan menempelkannya di tempat yang terlihat. Jangan buka handphone Anda, laptop Anda atau apa pun sebelum Anda menuliskan rencana kerja Anda untuk hari ini. Dan jadikan ini RITUAL pagi Anda yang selalu Anda lakukan setiap Anda baru tiba di kantor.

Contohnya:

Pagi hari, dari pukul delapan sampai pukul sepuluh Anda akan melakukan follow up ke customer atau distributor. Selanjutnya sampai jam makan siang, Anda akan melakukan kunjungan ke outlet. Lalu, siangnya membuat laporan.

Buatlah rencana kerja dengan details, manfaatkan seluruh jam kerja Anda secara efektif dengan hal-hal yang mampu membantu Anda untuk mencapai target atau tujuan Anda bulan ini.

  1. Disiplin

Rencana kerja yang sedemikian rupa, details, harus Anda lakukan secara konsisten dan disiplin. Lakukan hingga menjadi habit dan teruslah berusaha disiplin dengan rencana yang sudah Anda susun, jangan tergoda dengan ajakan teman untuk leyeh-leyeh pada waktu yang Anda rencanakan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Ketika semua pekerjaan selesai dan Anda masih memiliki banyak waktu luang, saat itulah Anda leyeh-leyeh, tentu saja tanpa beban pekerjaan. Karena Anda sudah melakukan semuanya dengan disiplin.

Nah yang sering terjadi.. terutama untuk orang Sales adalah “gangguan” atau ajakan dari teman sekita atau juga mood yang mungkin naik-turun yang mempengaruhi kedisiplinan kita. Untuk itu,  buatlah sebuah penetapan diri untuk berkomitmen terhadap tujuan Anda agar Anda bisa disiplin.

  1. Evaluasi

Saat malam atau pagi hari, Anda menuliskan rencana kerja, jangan lupa untuk melihat kembali memo stick, apakah Anda sudah melakukan semuanya sesuai dengan rencana yang Anda tuliskan, atau belum. Sesekali tidak semua yang Anda tuliskan dapat Anda kerjakan, karena akan ada unpredictable condition yang menyebabkan tingkat prioritas dari pekerjaan berubah. Tidak apa-apa. Anda bisa menyusun kembali rencana kerja untuk hari esok dengan pertimbangan skala prioritas.

Poin penting lainnya juga adalah selalu tanyakan setiap sore hari tiba ke dalam diri Anda sendiri, seberapa Produktif saya hari ini? Silakan ukur dan evaluasi diri Anda selalu tiap kali Anda merasa kurang produktif.

Time management akan mengeleminasi dengan sendirinya hal-hal yang selama ini tidak perlu Anda lakukan, karena tidak mendukung Anda dalam mencapai tujuan Anda, baik sebagai individu maupun bagian dari sebuah Organisasi Penjualan.

Mulailah dari saat ini, untuk merencanakan, tujuan Anda, target Anda dan rencana kerja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selamat menjadi Sales yang Produktif!

0

Leave a comment