Cara Ampuh Meningkatkan Skills Team Sales Anda dengan Role Play

“Dulu, saya ingat sekali, saat menjadi sales tissue, setiap Sabtu selalu diajak untuk role play sama Manager saya, dan ini seriously sangat membantu saya di lapangan” – Kenang Coach Wahyu.

Sebagian besar para praktisi Sales pasti pernah dengan Role play, apa itu Role Play? Role play adalah berlatih Peran dimana tiap-tiap Salesman saling berlatih untuk memerankan dirinya sebagai Salesman dan atau pelanggan.

Role Play atau berlatih peran ini sangat efektif apabila dilakukan secara rutin. Para sales yang setiap harinya turun ke lapangan kerap kali menemui banyak tantangan-tantangan atau bahkan hambatan. Ini terjadi terus setiap hari dan para Sales Team Anda membutuhkan banyak insight untuk menghadapinya dengan tepat. Nah dengan Role Play ini Insight yang didapat tidak hanya berupa informasi atau pengetahuan, tetapi juga sebuah pengalaman praktik.

Role Play bisa memaksimalkan skill Team Sales Anda secara efektif. Dan berikut adalah tips atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar manfaat dari Role Play dapat maksimal.

Jadwalkan Secara Rutin

Sebagai Sales Leader atau Sales Manager, Anda bisa menjadwalkan Role Play untuk seluruh Team Sales Anda setiap minggu atau dua minggu sekali. Jadwalkan setiap sales untuk memerankan peran-peran yang berbeda dengan kasus-kasus actual sesuai dengan keadaan lapangan. Jangan lupa bahwa pastikan juga Team Anda “mengcapture” pengalamannya dilapangan untuk disiapkan dilakukannya Role Play.

Brainstorming

Sebelum melakukan Role Play, Anda bisa memulai sebuah diskusi terlebih dahulu. Menanyakan situasi yang dihadapi oleh Team Sales Anda. Pada tahap ini Sales Team Anda akan secara spontan menceritakan hambatan atau tantangan-tantangan yang sering dihadapinya. Brainstorming ini bermanfaat untuk mengumpulkan ide-ide atau gagagsan baru Team Sales Anda untuk menghadapi beberapa situasi yang sering terjadi di lapangan.

Akan jauh lebih baik lagi ketika di sessi Brainstrorming ini Anda memberikan teori-teori atau pengalaman-pengalaman Anda sebagai dasar knowledge Anda atas rencana Role Play yang akan dilakukan.

Role Play

Setelah Anda dan Team Sales Anda tahu kondisi-kondisi yang sering dihadapi oleh Sales Team Anda dan memiliki banyak gagasan baru. Maka lakukanlah Role Play, siapkan beberapa peran yang akan dimainkan oleh Sales Team Anda. Buat suasana layaknya keadaan sebenarnya. Ada yang berperan sebagai Distributor, ada yang berperan sebagai Sales, dll. Saat Team Sales Anda sedang Role Play, Anda bisa mengobservasi cara Team Sales Anda memerankan perannya masing-masing tanpa arahan sedikit pun dari Anda.

Evaluasi dan Edukasi

Ajak semua Team Sales Anda untuk berpendapat tentang peran yang dimainkan oleh mereka. Lalu Anda bisa menjelaskan teknik-teknik yang seharusnya dilakukan. Berikan edukasi yang sesuai dengan Role Play yang telah dilakukan, koneksikan lagi dengan Brainstorming yang diwal sudah dilakukan. Hal-hal apa yang perlu di evaluasi.. Berikan insight-insigh baru dari apa yang sudah anda diskusikan dengan hal yang bagaimana idealnya harus dilakukan.

Jangan lupa pula untuk meminta ide-ide dan Self Evaluation ketika Role Play pertama dilakukan oleh semua team Anda.., minta mereka juga mereview dirinya sendiri di Role Play pertama ini.

Berikan Contoh!

Setelah melakukan Role Play dan mendapatkan arahan dari Anda. Sebagai Sales Manager, Anda bisa langsung mencontohkan Role Play dengan kasus dan keadaan yang sama menggunakan knowledge yang Anda berikan. Dari Role Play yang Anda mainkan ini, Sales Team Anda akan menemukan ide-ide baru.

Ingat bahwa Role Play adalah bagian dari Kompetensi berbentuk Skill, dimana untuk bisa meningkatkan Skill diperlukan modelling atau menirukan sklill tersebut, dan visualisasi Modeling tersebut bisa Anda lakukan untuk memberi contoh kepada Team Anda.

Lakukan Role Play Lagi

Setalah mendapatkan arahan dan edukasi dari Anda, serta melihat langsung Anda Role Play. Lakukan Role Play satu kali lagi dan Anda bisa melakukan observasi, untuk melihat perubahan-perubahan dari Role Play yang pertama.

Dengan tahapan-tahapan Role Play diatas, Anda telah memfasilitasi Team Sales Anda untuk menemukan insight-insight baru dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan. Role Play dan Brainstorm memperkaya skill Sales Team Anda dan mampu meningkatkan Presentation Skill Team Anda.

Satu hal yang sangat menarik dari latihan ini adalah karna case-case yang terjadi diperankan sesuai dengan kondisi lapangan yang ada, maka team sales Anda bisa saling bertukar pengalaman dan bisa saling bertukar ide dalam bentuk yang kreatif satu sama lain, dimana hal ini akan memperkaya skill mereka.

Selamat mempraktikan latihan  Role Play Anda dan selamat mengasah gergaji Team Anda.

0

Comments (1)

[…] Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Skills Team Sales Anda dengan Role Play […]

Leave a comment