MENCIPTAKAN GREAT SALES LEADER

“Pak Wahyu, saya punya lima sales nih. Salah satunya mau saya promosiin jadi Sales Manager, tapi saya bingung Pak. Kira-kira cocok gak ya? Bisa perform gak ya?”

Diatas adalah  pertanyaan yang sering sekali saya dengar akhir-akhir ini. Saat ini banyak pemilik bisnis yang kebingungan untuk mencari, merekrut atau mempromosikan sales manager. Memang bukan hal mudah menentukan, orang yang tepat untuk menjadi sales manager. Apalagi jika organisasi Penjualan Anda tengah dalam situasi yang kurang stabil, alih-alih salah keputusan, bisnis Anda jadi taruhannya.

Top Sales VS Sales Leader

Kenyataannya, di lapangan ada gap nyata antara top sales dengan sales manager. Seorang sales dengan top sales atau top achievement belum tentu mampu menjadi sales manager yang baik. Ada beberapa kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang calon sales manager yang terkadang tidak disadari oleh sales itu sendiri maupun para pemilik usaha dana atau para atasannya.

Banyak sekali sales yang selalu mencapai target saat tutup buku, bahkan melakukan penjualan dengan sangat baik. Sales yang mampu melakukan penjualan yang meningkat setiap bulannya secara konsisten.  Tapi, ketahuilah pada kenyataanya sales dengan top sales belum tentu mampu menjadi Sales Manager yang handal, walaupun hal ini tidak bisa kita generalisir namun fakta demikian kerap terjadi pada dunia Penjualan. Nah kenapa ada Top Sales yang ternyata belum tentu cocok menjadi seorang Sales Manager?

Sales manager yang ideal adalah seorang pemimpin yang secara kapasitasnya tidak hanya dituntut mampu menjual, namun juga memiliki Strategi dan kemampuan pengelolaan Team dibawahnya. Pengelolaan yang dimaksud memang cukup kompleks, mulai dari pengelolaan SDM, Pengelolaan Area/potensi penjualan Areanya, pengeloaan customer atau calon-calon customernya, bahkan yang tidak boleh dilupakan juga adalah kemampuan pengelolaan Komunikasi dengan pihak-pihak lain di Perusahaan, tidak terkecuali juga kemampuan komunikasi dengan atasannya.

Sebagai CEO atau pemilik usaha, banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk membentuk seorang Top sales Anda   menjadi sales manager.

How to Create a Great Sales Leader

Apakah Anda setuju dengan pernyataan bahwa untuk menjadi sales membutuhkan bakat yang melekat sejak lahir? Bakat menjual, bakat mempengaruhi? Saya yakin kita harusnya sepakat bahwa itu pernyataan yang keliru. Setiap orang bisa menjadi sales yang baik dengan mempelajari ilmunya, begitu juga untuk  menjadi seorang Great Sales Manager. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik usaha/Management untuk menciptakan seorang Great Sales Leader?

Transfer Knowledge Anda

Setiap bidang pekerjaan bisa dijalankan oleh siapa saja, terlepas dari kemampuan awal yang sangat penting adalah kemauan orang tersebut. Kemauan untuk belajar, kemauan untuk memiliki semangat serta mencapai tujuan. Sebagai pemilik usaha, Anda harus tahu karakter dari tim sales yang Anda miliki dan mengembangkan kemampuannya.

Sebagai CEO atau pemilik usaha Anda bisa saja menguasai banyak ilmu yang didapat dari pengalaman-pengalaman Anda, tapi tanpa membaginya pada tim, ilmu itu tidak akan optimal praktiknya. Jadi, berbagilah!, jadilah bagian dari orang yang “mentransfer Ilmu Anda kepada para Manager Anda”, latih mereka, dan pahami bagaimana cara melatih mereka, nah ini konteks yang sangat penting…, karena sesungguhnya mampu melakukan dengan mampu mengajarkan adalah dua konteks yang berbeda, artinya apa? Sebagai pemilik Bisnis/Management Anda pun harus mengupgrade diri bagaimana pola untuk melatih Team Anda. Ikutilah seminar/pelatihan-pelatihan bagaimana caranya mengembangkan team agar wawasan Anda  lebih terbuka dan Anda mampu melatih Team Anda dengan benar.

Baca juga: Performance Coaching VS Behavior Coaching

Investasikan

Daftarkan juga Sales Manager yang anda miliki untuk mengikuti training atau pelatihan.terutama tentang Pelatihan Leadership. Inilah salah satu cara untuk membentuk Great Sales Leader.

Pertanyaan kemudian yang muncul adalah Training apa yang tepat untuk Sales Manager saya? Saya selalu menganjurkan kepada Para Pemilik Bisnis untuk tidak hanya “asal mengirim teamnya untuk pergi ke sebuah Training. Namun demikian sebelum mengirimnya lakukan simple Assesment dulu terhadap Team Anda, ajaklah juga dirinya untuk berbicara area pengembangan apa yang cocok untuk dirinya untuk di Perusahaan Anda.hal-hal apa yang menurut dirinya harus di Improve, ingat bahwa seorang Sales leader yang baik adalah tidak hanya yang mampu mencetak angka penjualan saja, namun lebih dari itu  dia harus mampu membuat Teamnya menjadi orang-orang yang Produktif secara penjualan.

Tambahan lainnya adalah ingat, bahwa ketika Anda megirimkan Team Anda ke sebuah pelatihan, maka Anda tengah berinvest ke isi kepala Manager Anda tersebut, so.., setelah mengikuti pelatihan beri tugas, evaluasi dan cek ulang apa yang sudah didapatkan dari pelatihan tersebut, bagaimana bisa membantu dirinya dan organisasinya, hal ini penting untuk dilakukan untuk sama-sama mengevaluasi apakah proses yang anda lakukan saat ini sudah benar atau perlu peningkatan.

Ingatlah bahwa orang yang mampu memimpin diri dengan baik, disiplin, fokus belum tentu mampu melakukan hal yang sama jika dihadapkan dengan sebuah tim. Dibutuhkan jiwa kemimpinan, leadership yang kuat, komunikasi dan pengetahuan Strategic yang baik bagi seorang Great Sales Leader.

Leadership bukan hanya soal memberi perintah, tapi juga mendengarkan dan mampu berkomunikasi untuk menciptakan suasana kerja yang positive dan produktif. Sales dengan penjualan yang standar namun memiliki semangat seperti ini, sangat mungkin lebih mampu menjadi sales manager yang baik, membawa timnya menjadi top team sales dengan penjualan yang selalu baik.

Ingatlah! Perusahaan yang baik bukanlah yang bergantung pada satu atau dua orang di dalamnya, tapi perusahaan dengan pencapaian yang dicapai oleh keseluruhan anggota timnya!

Selamat mendidik Sales Leader Anda!!

0

Leave a comment